Membuat Laporan Keuangan Koperasi dengan BukuWarung

 

Masih banyak pengusaha UMKM atau pengelola koperasi yang menggunakan cara manual dalam membuat laporan atau catatan keuangan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membuka link berikut https://bukuwarung.com/koperasi/ untuk memahami koperasi lebih lanjut.

Ada banyak fungsi dari koperasi secara umum, salah satunya sebagai tempat menabung dan meminjam sejumlah dana. Koperasi juga bisa diperuntukkan tempat berjualan yang memudahkan masyarakat secara umumnya.

Asas Koperasi

Dalam koperasi diterapkan asas kekeluargaan, yang dimana setiap anggotanya memiliki kedudukan yang setara. Seluruh anggota harus diuntungkan oleh adanya koperasi tersebut.

Ditambah lagi dengan banyaknya koperasi jenis simpan pinjam yang sangat membantu kehidupan masyarakat secara ekonomi. Untuk itu, Anda juga harus memahami apa saja asas dari koperasi di kehidupan sehari-hari:

Dikarenakan bentuknya adalah badan usaha, maka koperasi juga harus mendapatkan keuntungan tetapi bukan merupakan tujuan utama dibuatnya koperasi.

Koperasi disebut sebagai gerakan ekonomi rakyat, yang artinya modal dari koperasi asal atau sumbernya juga dari rakyat/anggota koperasi itu sendiri. Jika ada keuntungan yang diperoleh, maka rakyat/anggotanya akan menerimanya kembali.

Anggotanya terdiri dari badan hukum dan juga masyarakat. Maka kepemilikan anggota koperasi biasanya berupa perorangan/individu, atau badan usaha yang dimana disana terdapat landasan hukumnya.

Sifat dari keanggotaan koperasi adalah sukarela dan juga terbuka. Asas di dalamnya adalah anggota koperasi yang tergabung di dalamnya, harus dari kemauan sendiri tanpa harus ada paksaan dari siapapun.

Prinsip dalam mengelola koperasi adalah demokratis, yang dikelola/dikendalikan dengan cara menegakkan nilai dari demokrasi itu sendiri.

SHU atau yang merupakan Sisa Hasil Usaha dibagi pada seluruh anggotanya dengan adil. Jumlahnya bergantung pada jasa masing-masing anggota yang tercurahkan pada koperasi tersebut.

Membuat Laporan dan Pencatatan Koperasi di BukuWarung

Seperti yang kita ketahui, laporan keuangan apapun bisa dibuat di aplikasi BukuWarung. Sama halnya dengan laporan keuangan pada suatu koperasi. Dimulai dari pencatatan akan dana yang masuk dan juga keluar.

Dana yang keluar masuk ini harus dicatat di dalam aplikasi supaya lebih jelas. Fitur pencatatan pada BukuWarung sangat memudahkan Anda untuk merinci catatan keuangan dengan lebih jelas dan detail.

Anda juga bisa mengetahui jumlah dana tersisa yang dimiliki saat ini dan besaran biaya yang telah dikeluarkan. Anda juga bisa mencatat utang piutang, lengkap dengan daftar nama anggota yang masih memiliki utang piutang.

Maka ketika jatuh tempo tiba, Anda tahu siapa saja yang belum membayar dengan otomatis pada aplikasi. Namanya akan muncul dengan sendirinya, tanpa Anda harus mengecek satu per satu.

Ternyata manfaat dari aplikasi pembukuan digital ini sangat banyak, dan berguna untuk para pengusaha. Fiturnya lengkap dan pemakaiannya pun gratis, sehingga tak heran jika banyak pebisnis yang memiliki aplikasi ini untuk memudahkan pekerjaannya.

Berjualan token listrik atau pulsa pun, kini bisa Anda lakukan di aplikasi BukuWarung saja.