PRINSIP KERJA CERDAS BUKAN KERJA KERAS DARI PADI UMKM

Kehadiran platform digital jual barang dan jasa pemerintah pada Agustus 2020 ini membawa kabar bahagia untuk para pelaku UMKM agar mampu menyesuaikan diri dengan hal yang berbau digitalisasi yaitu bisa disebut dengan PaDi UMKM. Pasar digital ini memiliki target untuk membantu UMKM agar go digital dan nantinya platform ini menjadi wadah belanja barang dan jasa BUMN sekaligus memajukan ekonomi Indonesia kedepannya.

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (1/01/21), ketika seseorang bekerja tentu mempunyai target yang mutlak untuk diselesaikan, bedanya hanya bagaiman proses pengerjaan tersebut dilakukan. Apakah seseorang tersebut mengerjakan pekerjaannya dengan strategi tercepat atau malah lambat namun banyak. Segelintir informasi dari PaDi UMKM berikut ini wajib disimak sebelum anda melakukan pekerjaan untuk menyelesaikan target di masa depan.

Dalam berbisnis, memotivasi diri sendiri dan belajar dari pengalaman bisnis yang lain juga perlu diterapkan pada setiap proses pengerjaan untuk target yang ditentukan. Ketika pekerjaan hanya dilakukan begitu keras tanpa ada strategi dan suatu semangat dalam diri seorang pembisnis maka pekerjaan tersebut akan mudah sekali berhenti mendadak saat berjalan. Ketika motivasi diri dan pengalaman yang dilihat disatukan untuk menghindari kendala yang akan terjadi pada situasi yang akan datang, akan sangat mudah bagi para pembisnis cepat meraih kesuksesan dengan target yang diinginkan di masa yang akan datang.

Platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini juga menjelaskan bahwa, mengambil keputusan dengan cepat juga menjadi hal yang tidak baik untuk di masa yang akan datang. Misalnya, ingin berhutang milyaran untuk sebuah bisnis yang ternyata belum anda riset sama sekali, hal tersebut sangat berbahaya mengingat penjualan belum tentu akan laris manis dimata masyarakat. Pikirkanlah dengan matang keputusan tersebut sebelum anda mengambilnya, karena penyesalan selalu datang diakhir dan ketika hal tidak baik tersebut terjadi tentunya akan menimbulkan trauma untuk anda memulai berbisnis kembali, bijaklah dalam mengabil keputusan.

Platform digital beli barang dan jasa BUMN ini juga menilai, bahwa dalam berbisnis wajib fokus pada satu target terlebih dahulu. Jangan sampai ketika anda baru memulai bisnis misalkan dibidang garmen, tetapi ketika dagangan anda tersebut baru dimulai selama 3 bulan namun anda berniat untuk membuka usaha lainnya dibidang lainĀ  tetapi keuntungan anda belum seberapa maka hal tersebut akan jadi sangat fatal ke depannya. Mengingat, setiap bisnis membutuhkan riset, biaya, tenaga, dan SDM yang berkualitas. Kembali pada bijaklah dalam mengambil keputusan dalam berbisnis.

Platform digital beli barang dan jasa pemerintah ini juga mengingatkan bahwa, hasil adalah sebagai tolak ukur anda dalam berbisnis bukan waktu. Waktu adalah proses, ketika anda mengerjakannya dengan teliti, sabar dan penuh dengan hitungan yang matang dalam berbisnis, meskipun hal tersebut memakan waktu yang sangat lama namun hasil yang akan di dapatkan akan sesuai dengan proses pengerjaan yang telah dilakukan.

PaDi UMKM yang memiliki sistem pengadaan barang dan jasa BUMN bertujuan memberikan edukasi serta mendekatkan diri dengan para UMKM baik yang belum mendaftar maupun yang sudah mendaftar dimana mereka akan terbiasa untuk berdagang secara digital. Dengan pasar belanja yang pasti diharapkan UMKM akan lebih semangat untuk berdagang secara online di PaDi UMKM terutama untuk bertahan selama masa pandemi berlangsung.