Tanpa Ribet! Inilah 7 Cara Cek Traffic Website Dengan Mudah

Sebagai pemilik situs net, Anda tentu pasti ingin tahu bukan siapa saja dan sudah berapa orang yang mengunjungi situs net Anda? Dengan begitu, Anda selalu bisa memastikan visitors pengunjung serta pembaharuan yang sekiranya perlu dilakukan untuk kepuasan pengunjung. Untuk itu, Anda perlu tahu cara cek traffic web site agar bisa memonitor performa situs internet Anda sendiri.

Siteprice
Salah satu cara cek traffic web site yang pertama ialah dengan menggunakan Siteprice. Dengan Siteprice, selain mampu menghitung harga sebenarnya dari suatu situs net, ia juga bisa menampilkan berbagai informasi yang terkait dengan traffic dan juga peringkatnya di mesin pencarian. Yang pasti Siteprice bisa digunakan secara gratis, alias Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ketika menggunakan Siteprice.

Anda hanya perlu memasukkan situs internet yang ingin Anda periksa di laman utama. Nantinya, traffic website akan diukur menggunakan tiga numerik seperti Daily Unique Visitors, Daily Pageviews, dan juga Average Time on Site. Ketiganya mengukur estimasi jumlah pengunjung dalam sehari, jumlah berapa kali pengunjung mendatangi situs net Anda serta rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di situs web Anda.

Baca juga : hosting terbaik hanya DomaiNesia

SE Ranking

Cara lainnya untuk cara cek traffic website ialah dengan menggunakan SE Ranking. Apa itu SE Ranking? SE Ranking adalah sebuah estimasi site visitors gratis yang fitur analisisnya sendiri sangatlah lengkap. Dengan menggunakan SE Ranking, ia bisa melakukan pengawasan pada perubahan laman sampai ke pemberian rekomendasi keyword. Cukup efisien sekali, bukan?

Tak hanya itu, dengan menggunakan SE Ranking, Anda juga bisa melakukan analisis visitors dalam berdasarkan negara yang ada. Namun, perlu Anda ketahui bahwa SE Ranking sendiri belum menyediakan opsi negara Indonesia di dalamnya. Jadi, Anda belum bisa mengetahui jumlah traffic pengunjung yang berasal dari Indonesia

Google Analytics

Alat yang satu ini mungkin bukanlah alat asing bagi Anda para pengelola website. Ya, ia adalah salah satu alat yang bisa Anda gunakan sebagai cara cek site visitors website. Yang pasti, Google Analytics merupakan alat yang sangat krusial yang tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda bisa memahami karakteristik visitors pada website Anda secara element. Bahkan, Anda juga bisa menggunakannya secara gratis, lho!

Namun, Google Analytics hanya bisa digunakan untuk melakukan analisa web site saja, jadi Anda tidak bisa melihat traffic domain lain dengan menggunakan Google Analytics ini. Jika ingin menggunakannya, Anda tentu perlu menghubungkan akun Google Analytics dengan website Anda terlebih dahulu.

Ubersuggest

Bagi sebagian orang, alat yang satu ini mungkin terdengar asing. Namun, untuk Anda yang ingin mengetahui cara cek site visitors web site, Anda bisa menggunakan Ubersuggest ini. Perlu Anda ketahui bahwa Ubersuggest tidak hanya menyediakan fitur untuk analisis SEO namun juga memiliki interface yang sangat ramah pengguna. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakannya secara gratis. Menarik sekali, bukan?

Anda bisa memulai dengan cara memasukkan area yang Anda ingin ketahui jumlah trafficnya pada laman utama Ubersuggest. Setelah itu, ubahlah pilihan negara yang ada ke Indonesia dan lakukanlah pencarian. Pada kolom Overview, Anda bisa melihat grafik visitors website. Karena gratis, Anda hanya bisa melihat riwayat traffic web site di lima bulan terakhir.

SimilarWeb

Mungkin Anda mengenal SimilarWeb sebagai situs internet yang menyediakan jasa web analytics. Namun, perlu Anda ketahui bahwa SimilarWeb juga sebenarnya menyediakan fitur web site visitors estimator secara free of charge. Anda juga bisa mengaksesnya di laman utama SimilarWeb. Nantinya, Anda tidak hanya sekadar bisa melihat estimasi jumlah site visitors yang ada saat ini, namun juga fluktuasi grafik pada laman bulan terakhir.

Cara cek traffic web site menggunakan SimilarWeb ini sangatlah membantu. Bahkan, ada juga metrik lain yang bisa dengan mudahnya Anda temukan. Yang pasti, SimilarWeb memiliki banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan analisis net. Tertarik untuk mencobanya?

Website Worth Calculator
Cara selanjutnya untuk mengecek site visitors web site ialah dengan menggunakan Website Wortk Calculator. Situs yang satu ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Siteprice yang sudah dibahas sebelumnya. Bahkan, sama seperti Siteprice, Anda bisa menggunakan Website Worth Calculator ini secara free of charge dengan informasi yang ditampilkan jauh lebih lengkap.

Informasi yang ditampilkan oleh Website Worth Calculator sendiri hampir sama dengan informasi yang ditampilkan oleh Siteprice. Namun, fitur-fitur tersebut diperlihatkan dalam konteks harian, bulanan dan juga tahunan sehingga akan lebih mudah diketahui dan dipahami.

Alexa

Apakah Anda pernah mendengar tentang situs Alexa? Ya, situs yang satu ini adalah sebuah web alaytics yang sebenarnya berada di bawah naungan Amazon. Sebenarnya, Alexa ini adalah alat yang cukup terkenal karena kemampuannya dalam Website Traffic Statistics. Bahkan, ia juga sering dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui jumlah site visitors pada website.

Yang pasti, bagaimana pun juga visitors merupakan hal penting untuk keberlangsungan performa situs web yang Anda miliki. Tanpa site visitors yang bagus, tentu performa situs net Anda akan dipertanyakan bahkan oleh browser itu sendiri. Jadi, rajinlah melakukan pencarian cara cek site visitors website dengan cara-cara mudah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Demikianlah cara cek traffic website dengan mudah, jika Anda memilki referensi lain, silahkan komentar pada kolom di bawah.

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!