Bagaimana Mendatangkan Traffic Untuk Bisnis Online Anda

Bicara mengenai bisnis on-line tentunya tidak terlepas dari internet advertising atau pemasaran dengan media web. Mempelajari web advertising sangat penting bagi anda yang ingin berbisnis online, secara simpelnya internet marketing bisa dikatakan sebagai cara berpromosi.

Bisnis on-line tidak bisa lepas dari internet advertising dan tidak mungkin sebuah bisnis online bisa sukses tanpa mengaplikasikan web advertising ke dalamnya.

Sebenarnya cukup sulit menjelaskan internet advertising dalam Bahasa Indonesia, karena istilah-istilahnya semua dalam Bahasa Inggris. Dalam bab ini, saya akan menjelaskan beberapa istilah penting dalam web advertising yang erat kaitannya dengan bisnis on-line.

2 Komponen utama
Sebelum mendatangkan site visitors menuju website anda, yang perlu anda lakukan adalah membuat touchdown page. Mendatangkan traffic tanpa memiliki touchdown page sama artinya dengan mengundang orang datang ke rumah tanpa kursi dan meja, atau mendaratkan pesawat tanparunway.

Landing Page
Landing web page jika diterjemahkan secara langsung berarti halaman pendaratan, artinya halaman di website anda dimana pengunjung berdatangan atau dimana anda mengirim pengunjung tersebut.

Istilah touchdown web page lebih sering diartikan sebagai halaman dimana kita memancing calon buyer atau klien untuk melakukan pembelian. Misalkan saya ingin menjual suatu eBook di website PanduanIM.com, maka saya membuat satu halaman yang didedikasikan untuk menjelaskan produk ini dan mengapa orang harus membelinya.

Di setiap akhir touchdown web page biasanya ada componen yang disebutcall-to-motion(CTA). Contoh dari CTA adalah tombol untuk membeli, “Buy Now”, atau tombol untuk mendaftar, “Sign Up”.

Membuat touchdown web page yang baik membutuhkan kemampuan menulis persuasif yang baik karena kita harus meyakinkan calon buyer untukactionatau mengambil tindakan.

Traffic yang tepat sasaran
Traffic diartikan sebagai pengunjung yang datang ke website atau landing web page anda.

Traffic datang dari berbagai tempat di web, ada yang datang dari search engine, Facebook, Twitter, YouTube, forum, atau website lainnya. Biasanya semakin besar traffic yang datang ke web site anda, semakin besar pula potensi pendapatan anda. Walaupun ini tidak selalu benar.

Tidak semua orang yang datang ke web site anda punya degree ketertarikan yang sama. Ada orang yang sangat tertarik sehingga mereka langsung membeli produk yang anda jual, ada pula yang langsung keluar. Tugas anda sebagai pemilik bisnis ini adalah mendatangkan traffic yang tertarik dengan produk anda, bukan sekedar traffic yang numpang lewat.

Mendatangkan traffic yang tertarget atau yang tepat sasaran, itulah tujuan utama dari internet advertising.

Lalu bagaimana cara mendapatkan traffic?
Traffic atau pengunjung, tidak serta merta datang begitu saja ke web site anda setelah anda selesai membangun web site dan touchdown web page. Andalah yang harus menjemput pengunjung tersebut.

Secara umum, ada 2 cara mendapatkan traffic. Melalui media gratis dan media berbayar.

Media free of charge berarti kita tidak memerlukan biaya langsung untuk memberitahu keberadaan kita kepada orang lain. Saya sebut ‘biaya langsung’ karena anda mungkin saja masih membutuhkan biaya untuk menunjang. Contoh media free of charge adalah search engine, social network dan forum, dan e mail list.

Sebaliknya, media berbayar berarti kita mengeluarkan biaya langsung untuk mempromosikan website, dalam bentuk iklan. Ada beberapa bentuk iklan yang bisa kita manfaatkan, yang terpopuler adalah PPC (Pay per Click) dimana kita membayar untuk setiap kali iklan kita di-klik. Jaringan iklan PPC paling populer yaitu Google AdWords dan Facebook Ads.

> Teknik-teknik pemasaran untuk mendatangkan traffic sering disebut dengan Inbound Marketing.

SEO (Search Engine Optimization)
Seperti yang saya jelaskan di atas, pengunjung berdatangan dari berbagai tempat dan salah satunya adalah search engine Google. Dalam industri internet marketing, search engine optimization adalah cara paling efektif untuk mendatangkan traffic yang tepat sasaran.

Ketika kita melakukan pencarian di Google, ada jutaan hasil pencarian yang sejenis. Tapi, hampir a hundred% orang hanya melihat sebatas di halaman pertama. Dan lebih dari 50% pencari hanya berkunjung ke web site di posisi teratas.

Itulah yang membuat web optimization atau optimasi mesin pencari menjadi sedemikian pentingnya. Tidak menerapkan praktik web optimization yang tepat di website anda berarti anda kehilangan potensi pendapatan yang luar biasa besar.

Statistik menunjukkan bahwa rata-rata website pengunjungnya lebih dari 70% datang dari search engine, Google.

search engine optimization dibagi menjadi dua, on-page dan off-page search engine optimization. On-page SEO adalah optimasi dari dalam website anda sendiri, maksudnya adalah anda mengoptimasi desain, konten, dan lain-lain di web site anda. Sementara off-page adalah kebalikannya, anda mengoptimasi dari luar.

Dalam on-page web optimization, ada beberapa faktor penunjangnya. Yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah kualitas konten. Google sangat menghargai website yang punya konten berkualitas yang dinilai bisa memberikan edukasi untuk orang yang mencarinya.

Ada dua indikasi konten yang baik. Pertama, konten tersebut mampu menjawab rasa ingin tahu dari orang yang mencarinya. Kedua, orang yang membaca konten tersebut bersedia merekomendasikannya kepada orang lain.

Untuk mempelajari secara lengkap faktor-faktor penunjang on-web page SEO silahkan baca artikel berikut dari MOZmengenai faktor-faktor penentu SEO on-page.

Yang kedua adalah off-web page search engine optimization. Sebelum mulai menjelaskan mengenai off-page SEO, saya ingin memberitahu anda sisi gelap dari off-web page web optimization. Karena off-page SEO berarti kita mengoptimasi dari luar web site, maka ada praktik-praktiknakaldengan spamming, ini sering disebut dengan Black Hat web optimization.

Ada dua faktor utama dari off-web page search engine optimization,backlink dan social signal. Backlink adalah hyperlink dari website luar yang menuju ke website anda, social sign adalah jumlahshare web site anda di social media.

Di antara seluruh faktor yang berpengaruh terhadap web optimization, saya rasa konten dan backlink memiliki peringkat sejajar sebagai yang nomor satu. Karena pentingnya backlink tersebut lah, sebagian orang melakukan spamming.

Praktik Black Hat web optimization seringkali mengabaikan kualitas konten dan mengejar quantity atau kuantitas backlink. Memang bisa saja praktik ini berhasil, namun biasanya tidak akan bertahan lama karena Google selalu mengupdate algoritmanya untuk menghukum web site-website nakal.

Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mempelajari SEO dengan benar.

Kalau anda ingin belajar web optimization lebih lanjut, silahkan ikuti seri panduan web optimization untuk pemula ini.

Social Media Optimization
Selain mesin pencari, social media juga merupakan tempat yang bagus sebagai media memperkenalkan bisnis online. Walaupun social media untuk saat ini hanya optimum untuk beberapa segmen pasar, tetapi penting juga untuk mengoptimasi website anda di social media.

Social media optimization lebih simpel daripada SEO. Ada 2 jenis SMO, aktif dan pasif.

1. SMO aktif berarti anda sendiri yang bergerak untuk memperkenalkan diri anda di social media. Misalnya dengan membuat Facebook FanPage, atau akun Twitter, kemudian mendapatkan follower dengan berbagai cara. Dengan mendapatkan follower, berarti orang-orang sadar dengan keberadaan anda.
2. SMO pasif berarti anda mengupayakan agar orang lain men-share konten anda. Caranya yaitu dengan membuat konten yang menarik sehingga orang lain ingin membagikan untuk teman-teman mereka dan dengan mempermudah mereka melakukansharing,misalkan dengan memasang tombol share di web site anda.

Email List
Kalau kedua cara di atas bertujuan untuk mendatangkan orang baru dan memperkenalkan bisnis online anda kepada orang lain, e-mail record sedikit berbeda. Email listing bertujuan untuk mengundang orang yang sudah pernah berkunjung untuk datang kembali.

Setiap bisnis online yang baik seharusnya memiliki e-mail list.

Email listing adalah cara terbaik bagi anda untuk membangun interaksi dengan buyer sehingga mereka tidak lupa dengan keberadaan anda dan hubungan positif tetap terjalin.

Dengan email listing, anda bisa menginformasikan konten baru kepada subscriber anda secara otomatis maupun handbook. Anda juga bisa menggunakan e-mail list untuk mempromosikan sesuatu.

Lalu bagaimana caranya membangun e mail record?

Tahap pertama, anda harus mendaftar di penyedia layanan e-mail advertising. Beberapa yang populer adalah AWeber, GetResponse, dan MailChimp. Kedua, buat form yang memungkinkan visitor anda mendaftarkan e-mail mereka, ini sering disebut decide-in form.

Ada 2 tips agar visitor rela mendaftarkan e mail mereka.

1. Buat konten yang menarik, sehingga pengunjung website anda ingin mendapatkan update by way of email setiap kali anda menerbitkan konten baru
2. Berikan insentif setiap kali mereka mendaftarkan e-mail

Kalau website anda berupa weblog, silahkan baca artikel ini mengenai cara-cara lainnya untuk mendatangkan pengunjung.