Apa Itu Traffic Sources? Darimana Traffic (Kunjungan) Website Berasal ?

Dalam analisis Web , termasuk Google Analytics , Traffic Sources adalah laporan yang memberikan gambaran tentang berbagai jenis sumber yang mengirimkan lalu lintas ke situs Web Anda.

Traffic atau pengunjung web site datang dari berbagai sumber. Setidaknya ada beberapa sumber visitors yang umum untuk diketahui.

1. Direct Traffic

Ibarat orang yang sengaja pergi ke KFC karena memang niat makan ayam kentucky (ini bukan iklan lho), ini adalah kunjungan dari orang-orang yang mengetik langsung alamat website di browser karena sudah tahu nama domainnya. Contohnya karena kita sudah sering buka Facebook, maka kita terbiasa mengetik alamat

Dengan Direct Traffic Kita dapat :

* Menandai kunjungan dari pengunjung setia
* Branding nama domain yang mudah diingat
* Dapat menjadi salah satu cara mengukur keberhasilan promosi non-on-line seperti iklan di TV atau majalah.

2. Refferal Traffic

Ini adalah kunjungan dari customer yang mengklik link yang ada di web site lain. Refferal = rujukan. Contohnya, saat kita sedang membuka web suara.com, di sebelah kanan muncul timeline berita saibumi.com yang judulnya menarik, dan kita klik. Maka saibumi.com mendapatkan referral traffic dari suara.com.

3. Social Media

Secara khusus, Google Analytics mendeteksi refferal site visitors dari situs-situs seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sejenisnya sebagai visitors dari social media.

four. Search Traffic

Search visitors adalah site visitors yang datang dari pengunjung yang mengklik hasil pencarian di situs pencari semacam Google, Yahoo!, atau Bing.

Ada dua jenis search visitors :

* Organic Search : Berasal dari pencarian yang tidak berbayar
* Paid Search : Berasal dari program periklanan Pay Per Click (PPC), misalnya Google Adwords.

Keterangan :

* Umumnya strategi digital advertising mengincar site visitors dari organic search, karena tidak perlu berbayar untuk mendapatkan traffic dari pencarian.
* Itulah mengapa berkembang jasa layanan SEO (Search Engine Optimization), sebuah upaya mengoptimalkan web site supaya lebih nyaman digunakan dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna Internet.
* SEO bukanlah proses yang instan, melainkan butuh waktu untuk mendapatkan atau meningkatkan visitors dari situs pencari.

5. Traffic Source Lain

Selain visitors supply di atas yang umumnya pasti ada di setiap web site, ada beberapa sumber traffic lain.

Display

Berasal dari banner yang terpasang di website lain

Email

Berasal dari aktivitas e-mail advertising. Jadi, kita mengirimkan e mail newsletter kepada pelanggan e-mail kita, dan menempatkan link ke website kita.

Saat mereka mengklik hyperlink tersebut dan masuk ke web site kita, kunjungan tersebut dikategorikan sebagai site visitors email.

Bagaimana mengetahui Sumber Kunjungan Website Kita ?

Caranya adalah dengan menggunakan tools Digital Analytics. Beberapa software yang biasa digunakan antara lain :

Google Analytics

Google Analytics adalah standar industri untuk digital analytics. Yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan web site kita di sana, lalu memasang semacam kode tracking di setiap halaman website kita.

Sumber Data Analytics : saibumi.com

Saat kita sudah memahami fitur-fitur yang ada di sana, Google Analytics itu sangat highly effective. Yang bisa kita lihat dan analisa di sana bukan hanya site visitors source, tapi masih banyak hal lain seperti profil dan perilaku pengunjung, serta analisa konten.

Histats

Histats.com adalah alternatif lain untuk menganalisa visitors & perilaku pengunjung web site kita. Fungsinya sama persis dengan Google Analytics. Caranya pun sama, daftarkan website kita lalu pasang kode monitoring.

SimilarWeb

Google Analytics & Histats itu diperuntukkan bagi kita sendiri yang ingin melihat & menganalisa site visitors ke website kita. Nah bagaimana kalau kita ingin melihat traffic ke web site kompetitor? SimilarWeb jawabannya.

Kita bisa melihat dan membandingkan performa digital advertising dari web site kita maupun website kompetitor. Dari mana saja site visitors supply mereka, apa key phrases yang banyak digunakan untuk masuk ke websitenya, darimana referral website-nya, dan sebagainya.

Sumber information analytics : saibumi.com

Perlu dipahami bahwa knowledge yang ada di SimilarWeb tidak one hundred% akurat seperti data dari Google Analytics atau Histats, karena tidak ada kode tracking yang dipasang di web site kita. SimilarWeb membuat estimasi atau perkiraan saja. (ildm)