four Tips Desain Website Agar Mendapatkan Traffic Tinggi

Menurut Microsoft Corp, manusia saat ini memiliki rentang perhatian (attention span) hanya eight detik. Ini berarti bahwa kesempatan Anda untuk menarik perhatian dan keterlibatan mereka akan berakhir sebelum mereka membaca hingga akhir halaman web site Anda.

Desain web site yang baik sangat penting untuk menunjukkan kepada pelanggan Anda tentang nilai dari bisnis Anda saat mereka berkunjung ke web site Anda.

Universitas Stanford juga menemukan bahwa hampir setengah dari konsumen (forty six,1%), berpendapat bahwa desain web site adalah kriteria utama mereka ketika menilai apakah perusahaan itu kredibel atau tidak. Desain web site yang baik tidak hanya akan menarik dan dapat melibatkan pembaca, tetapi juga akan berdampak besar pada reputasi brand Anda secara keseluruhan.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat desain web site yang baik? Perhatikan beberapa hal ini!

Desain website yang Responsif adalah Pondasi Utama
Optimasi untuk perangkat mobile telah menjadi standar baru selama beberapa tahun ke belakang. Setiap web site harus dioptimasi untuk perangkat cellular (tablet atau smartphone) – yang menurut SimiliarWeb telah mendominasi visitors web lebih dari 50%.

Selain dapat memudahkan pengunjung ketika berada di website Anda, Google juga menyukai web site yang dapat ditampilkan dengan baik di perangkat cell. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap rating web site Anda di hasil pencarian.

Desain responsif membuat tampilan website akan secara otomatis menyesuaikan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Website yang tidak memiliki desain responsif cederung mengalami penurunan rating di hasil pencarian.

Buatlah Call-to-Action yang Jelas dan Relevan
Ketika pelanggan mengunjungi website Anda, mereka harus tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ada dua hal utama yang harus Anda perhatikan:

Pertama, pastikan pelanggan tahu persis apa yang harus dilakukan selanjutnya. Pelanggan selalu menginginkan hal yang jelas. Hukum Hick (Hick’s Law) menyatakan bahwa jumlah waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mengambil sebuah keputusan sebanding dengan jumlah pilihan yang mereka miliki.

Kedua, tulis Call-to-Action yang jelas terkait masalah yang dialami pelanggan. Anda harus memiliki pemahaman yang dalam terkait perjalanan pelanggan dan tahu persis apa yang ingin mereka lihat ketika berada di web site Anda. Intinya, beri tahu pelanggan mengapa mereka harus mengklik Call-to-Action Anda.

Gunakan Gambar dan Warna yang Optimal
Gambar akan meningkatkan keterlibatan pelanggan saat berada di web site Anda. Menurut WebDam.com postingan yang mengandung gambar dapat meningkatkan keterlibatan hingga 650 kali jika dibandingan dengan postingan yang hanya berisi teks. Jadi pastikan Anda dapat memanfaatkan gambar dengan baik.

Perlu diingat, pastikan agar Anda tidak menggunakan gambar yang justru dapat memperlambat web site Anda. Jangan pernah menggunakan gambar yang terlalu kompleks atau yang ukurannya terlalu besar sehingga membuat loading menjadi lambat.

Navigasi yang Mudah
Ketika mendesain web site, jangan pernah lupa akan pentingnya navigasi. Pelanggan harus dimudahkan ketika mereka sedang menelusuri web site Anda untuk menemukan apa yang mereka cari.

Navigasi yang buruk dan membingungkan akan membuat pelanggan Anda kesulitan untuk mencari apa yang mereka inginkan. Begitu pula Google, mesin crawling mereka tidak akan menyukai website dengan navigasi yang buruk. Hal ini berdampak pada peringkat Anda nantinya.

Demikian pembahasan mengenai 4 tips desain web site agar mendapatkan traffic tinggi. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda juga harus melakukan promosi secara online baik di media sosial, web site, atau media lainnya.

Agar nantinya penjualan on-line berjalan dengan lancar dan efektif, pastikan Anda juga dapat menyediakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Menerima pembayaran sesuai dengan preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bagi bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui berbagai metode, mulai dari e-wallet, virtual account (switch financial institution), kartu kredit/debit, gerai retail, hingga cicilan tanpa kartu kredit.

Integrasikan Xendit di toko on-line Anda yang menggunakan plugin Shopify, WooCommerce, OpenCart dan banyak lagi dengan mudah dan instan.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Xendit di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!