10 Cara Praktis Tapi Efektif Untuk Meningkatkan Trafik Website

20 May Website Anda sepi trafik dan tidak mendatangkan buyer?

Seperti perusahaan dan bisnis lainnya, Anda mungkin ingin terjun ke dunia on-line untuk mendapatkan customer. Namun, banyak yang bingung harus memulai dari mana dan tidak tahu apa yang harus dilakukan agar mendapatkan trafik ke website atau toko on-line-nya.

Tidak sekedar trafik yang banyak (kuantitas) tentunya, tetapi juga trafik yang berpotensi jadi pembeli/ customer (kualitas).

Oke langsung saja, kami akan share 10 teknik untuk meledakkan trafik web site Anda. Teknik yang kami kumpulkan ini sudah teruji, relatif praktis, mudah, dan murah.

1. Promosi di FJB, Marketplace, Iklan Baris, Dll
Banyak discussion board yang menawarkan sub-thread khusus untuk promosi barang dagangan atau jasa Anda. Salah satu yang paling terkenal adalah Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Selain forum, Anda juga bisa mencoba market seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Elevania, dll.

Umumnya biayanya free dan banyak calon pembeli potensial di situ, jadi sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan.

Best practices:
– Tinggalkan link web site Anda (jika diperkenankan)
– Buat kata-kata yang menjual, menarik, dan atraktif
– Sertakan gambar-gambar yang jelas dan atraktif
– Buat deskripsi yang jelas dan informatif
– Pastikan tidak merusak brand image Anda
– Jangan nyepam dan jangan nipu!

2. Google Adwords

Pengen muncul di halaman 1 Google dengan cepat? Google Adwords jawabannya.

Kita semua tahu, banyak sekali orang yang mencari sebuah produk, jasa, dan informasi apapun di Google. Artinya, jika website Anda muncul di halaman 1 Google untuk keyword-keyword yang relevan, maka siap-siaplah trafik website Anda akan meningkat.

Best practices:
– Pastikan Anda menguasai cara pakai dashboard Google Adwords
– Patuhi aturan main beriklan di Google Adwords, atau Anda akan di banned!
– Gunakan Keyword Planner Tool (gratis) untuk analisa keyword
– Ketik kalimat iklan yang deskriptif, jangan tough
– Mulai dari budget kecil dulu jika Anda belum begitu menguasai Adwords
– Gunakan teknik remarketing jika dirasa relevan
– Kombinasikan juga dengan GDN (Google Display Network) jika ada budget lebih
– Jika pakai GDN, pastikan menggunakan gambar banner yang menjual dan atraktif
– Rutin analisa report performa Adwords Anda untuk evaluasi ke depan

3. Social Media Ads

Konsep promosi itu sederhana: dimana ada banyak manusia, di situlah kita promosi.

Demikian juga dengan social media, dimana ada milyaran manusia “hidup” di sana setiap harinya. Terutama Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Kabar baiknya, kita bisa beriklan di sana, dan social media telah terbukti dapat meningkatkan trafik sebuah web site.

Jadi, jika ingin meningkatkan trafik web site Anda, beriklan di social media bisa Anda coba.

Best practices:
– Pilih platform yang sesuai karakter produk/ jasa Anda. Misal produk visible, pilih Instagram advertisements.
– Untuk Facebook ads, sebaiknya Anda memiliki Fanspage terlebih dahulu
– Target audience yang spesifik dan relevan dengan produk atau jasa Anda
– Gunakan gambar banner atau foto produk yang menarik dan relevan
– Pelajari dulu aturan beriklan di masing-masing platform
– Gunakan fitur Facebook Pixel untuk remarketing
– Rutin analisa report performa advertisements Anda untuk evaluasi ke depan

4. Search Engine Optimization (SEO)

Sama dengan Google Adwords, SEO dapat membuat website Anda berada di halaman 1 Google untuk keyword yang Anda inginkan. Bedanya, jika dengan Adwords website Anda muncul di sisi atas dan samping (plus dengan label “iklan”), maka dengan SEO website Anda muncul di hasil pencarian natural.

Melakukan search engine optimization butuh proses belajar dan praktek terus menerus. Satu-satunya investasi terbesar dalam SEO adalah waktu yang Anda luangkan. Tapi itu semua sangat sepadan jika website Anda pada akhirnya muncul di halaman 1 Google, karena banyak trafik berkualitas berasal dari web optimization.

Best practices:
– Pastikan website Anda berisi konten yang relevan dengan keyword yang Anda bidik
– Jangan terlalu banyak gambar, imbangi dengan jumlah text yang cukup
– Optimasi loading speed web site Anda karena Google suka website yang loading-nya cepat
– Pakai https jika memungkinkan
– Tulis meta tag yang deskriptif dan sesuai keyword yang Anda bidik
– Jangan banjiri website Anda dengan konten jiplakan dari web site lain
– Pasang Google Search Console dan sitemap XML di website Anda
– Bangun backlink secara alami dan fokuskan pada kualitas backlink

5. Pasang Stiker Mobil
Cara kuno, dan sama sekali tidak berbau digital.

Eitt, tunggu dulu, kuno bukan berarti sudah tidak efektif kan? Stiker mobil bisa menjadi salah satu senjata yang tidak terpikirkan sebelumnya dalam mempromosikan web site Anda, padahal tidak terlalu mahal.

Best practices:
– Pastikan brand dan nama web site Anda cukup mudah diingat
– Gunakan format berikut jika hendak mencetak stiker: logo/ nama + tagline singkat + URL web site
– Minta tolong kepada keluarga dekat, kerabat, sahabat untuk menempelnya di mobil mereka
– Berikan ke buyer Anda dengan imbalan mendapatkan particular value/ service (jika memungkinkan)

6. Signature di Email

Berkomunikasi menggunakan e-mail sudah menjadi keseharian bagi para pebisnis, apalagi bisnis on-line. Tetapi, masih banyak yang belum menggunakan signature di e mail, padahal di situ Anda bisa mencantumkan identitas bisnis Anda, termasuk URL web site Anda.

Best practices:
– Jangan cuma set signature di e mail desktop, tapi juga di email smartphone Anda
– Jangan terlalu panjang, jangan terlalu berbau promosi
– Hindari pakai picture, lebih baik pakai textual content, karena by default aplikasi email tidak menampilkan image.

7. Menulis Artikel

Dalam konteks pemasaran on-line, salah satu cara paling ampuh (dan murah) untuk menjadi terkenal adalah ketika Anda dipandang sebagai ahli (expert) di bidang Anda tersebut. Dan salah satu cara agar dipandang sebagi professional adalah dengan menulis artikel.

Ya, menulis perception, pemikiran, tips, dan ide Anda di weblog, media on-line, atau blog Anda pribadi. Di web, ada banyak weblog yang menawarkan penulis tamu, dimana Anda bisa sumbang artikel Anda untuk dipublish oleh blog tersebut, sehingga bisa dibaca oleh pelanggan weblog tersebut.

Best practices:
– Usahakan di setiap artikel yang Anda tulis ada backlink yang mengarah ke website Anda
– Pilih weblog atau website yang relevan, berkualitas, dan masih aktif
– Jangan kasih artikel jiplakan, tapi benar-benar otentik hasil karya Anda
– Pastikan isi dari artikel tersebut memang berkualitas dan berguna bagi pembaca weblog tersebut

8. Aktif di Forum Online

Walaupun popularitas discussion board semakin tenggelam oleh hadirnya social media, tetapi masih cukup banyak forum-discussion board tertentu yang aktif hingga sekarang yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik ke web site Anda.

Best practices:
– Selektif pilih discussion board yang memang sesuai dengan bidang web site Anda
– Aktif berkontribusi di thread-thread yang sesuai topik web site Anda
– Jika ada yang bertanya sebuah topik tertentu, tulis jawabannya di web site Anda, lalu berikan link-nya
– Jangan nyepam, pelajari baik-baik aturan forum terlebih dahulu
– Letakkan hyperlink website Anda di signature discussion board (jika diperbolehkan)

9. Aktif di Website Question Answer (QA)

Website QA seperti Reddit dan Quora adalah tempat berkumpulnya para praktisi, pemikir, dan ahli di bidang-bidang tertentu. Website QA bisa menjadi peluang dalam mendatangkan trafik ke web site Anda, selama dilakukan dengan benar.

Prinsipnya sederhana: Anda temukan permasalahan apa yang ditanyakan sesuai dengan kompetensi/ bisnis Anda, lalu Anda siapkan jawaban/ solusinya di web site Anda, lalu Anda jawab dengan memberikan hyperlink web site Anda tersebut. Dari situ, web site Anda bisa mendapatkan trafik.

Best practices:
– Kurang lebih sama dengan poin eight

10. Blog Comment

Hampir setiap blog menyediakan ruang untuk komentar bagi para pembaca dimana seringkali kita bisa meninggalkan hyperlink web site kita saat berkomentar. Dari sini, Anda dapat memanfaatkannya sebagai sumber trafik ke website Anda, asalkan dilakukan dengan benar dan tepat.

Best practices:
– Pastikan link Anda tidak berbau nyepam, tetapi bersifat sebagai referensi lebih lanjut artikel weblog tersebut
– Selektif dalam memilih artikel blog yang hendak dikomentari, pilih yang relevan
– Jangan cuma komentar singkat yang tidak ada maknanya, tapi berikan komentar yang menambah nilai
– Hindari berkomentar di blog yang sudah dibanjiri komentar dari para spammer

Wah, Banyak Sekali, Haruskah Saya Melakukan Semuanya?
Credit:

Anda sama sekali tidak perlu melakukan semuanya sekaligus (malah tidak kami sarankan). Cukup satu per satu semampu sumber daya dan price range bisnis Anda, dan pilih yang menurut Anda paling relevan. Tidak semua tips dan trik di atas cocok untuk segala jenis bisnis.

Perlu dicatat, sama seperti strategi bisnis apapun, tidak ada jaminan bahwa hasilnya akan prompt. Kuncinya adalah terus belajar, terus praktek, dan jangan berhenti evaluasi.

Go online! Go for fulfillment!

P.S.
Silahkan bagikan artikel ini kepada teman, kerabat, relasi bisnis, karyawan, pimpinan, atau siapapun yang menurut Anda bisa memberikan manfaat dan membuat bisnis mereka lebih baik. Bagi Anda yang ingin mengutip sebagian atau seluruh artikel ini, harap mencantumkan sumber asli dan hyperlink sumber ke artikel ini.