10 Cara Praktis Tapi Efektif Untuk Meningkatkan Trafik Website

20 May Website Anda sepi trafik dan tidak mendatangkan buyer?

Seperti perusahaan dan bisnis lainnya, Anda mungkin ingin terjun ke dunia on-line untuk mendapatkan customer. Namun, banyak yang bingung harus memulai dari mana dan tidak tahu apa yang harus dilakukan agar mendapatkan trafik ke website atau toko on-line-nya.

Tidak sekedar trafik yang banyak (kuantitas) tentunya, tetapi juga trafik yang berpotensi jadi pembeli/ buyer (kualitas).

Oke langsung saja, kami akan share 10 teknik untuk meledakkan trafik web site Anda. Teknik yang kami kumpulkan ini sudah teruji, relatif praktis, mudah, dan murah.

1. Promosi di FJB, Marketplace, Iklan Baris, Dll
Banyak forum yang menawarkan sub-thread khusus untuk promosi barang dagangan atau jasa Anda. Salah satu yang paling terkenal adalah Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Selain forum, Anda juga bisa mencoba market seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Elevania, dll.

Umumnya biayanya free dan banyak calon pembeli potensial di situ, jadi sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan.

Best practices:
– Tinggalkan link web site Anda (jika diperkenankan)
– Buat kata-kata yang menjual, menarik, dan atraktif
– Sertakan gambar-gambar yang jelas dan atraktif
– Buat deskripsi yang jelas dan informatif
– Pastikan tidak merusak model image Anda
– Jangan nyepam dan jangan nipu!

2. Google Adwords

Pengen muncul di halaman 1 Google dengan cepat? Google Adwords jawabannya.

Kita semua tahu, banyak sekali orang yang mencari sebuah produk, jasa, dan informasi apapun di Google. Artinya, jika website Anda muncul di halaman 1 Google untuk keyword-keyword yang relevan, maka siap-siaplah trafik web site Anda akan meningkat.

Best practices:
– Pastikan Anda menguasai cara pakai dashboard Google Adwords
– Patuhi aturan main beriklan di Google Adwords, atau Anda akan di banned!
– Gunakan Keyword Planner Tool (gratis) untuk analisa keyword
– Ketik kalimat iklan yang deskriptif, jangan tricky
– Mulai dari finances kecil dulu jika Anda belum begitu menguasai Adwords
– Gunakan teknik remarketing jika dirasa relevan
– Kombinasikan juga dengan GDN (Google Display Network) jika ada price range lebih
– Jika pakai GDN, pastikan menggunakan gambar banner yang menjual dan atraktif
– Rutin analisa report performa Adwords Anda untuk evaluasi ke depan

3. Social Media Ads

Konsep promosi itu sederhana: dimana ada banyak manusia, di situlah kita promosi.

Demikian juga dengan social media, dimana ada milyaran manusia “hidup” di sana setiap harinya. Terutama Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Kabar baiknya, kita bisa beriklan di sana, dan social media telah terbukti dapat meningkatkan trafik sebuah website.

Jadi, jika ingin meningkatkan trafik website Anda, beriklan di social media bisa Anda coba.

Best practices:
– Pilih platform yang sesuai karakter produk/ jasa Anda. Misal produk visible, pilih Instagram adverts.
– Untuk Facebook ads, sebaiknya Anda memiliki Fanspage terlebih dahulu
– Target viewers yang spesifik dan relevan dengan produk atau jasa Anda
– Gunakan gambar banner atau foto produk yang menarik dan relevan
– Pelajari dulu aturan beriklan di masing-masing platform
– Gunakan fitur Facebook Pixel untuk remarketing
– Rutin analisa report performa ads Anda untuk evaluasi ke depan

4. Search Engine Optimization (SEO)

Sama dengan Google Adwords, search engine optimization dapat membuat web site Anda berada di halaman 1 Google untuk keyword yang Anda inginkan. Bedanya, jika dengan Adwords website Anda muncul di sisi atas dan samping (plus dengan label “iklan”), maka dengan search engine optimization website Anda muncul di hasil pencarian organic.

Melakukan SEO butuh proses belajar dan praktek terus menerus. Satu-satunya investasi terbesar dalam SEO adalah waktu yang Anda luangkan. Tapi itu semua sangat sepadan jika web site Anda pada akhirnya muncul di halaman 1 Google, karena banyak trafik berkualitas berasal dari search engine optimization.

Best practices:
– Pastikan web site Anda berisi konten yang relevan dengan keyword yang Anda bidik
– Jangan terlalu banyak gambar, imbangi dengan jumlah text yang cukup
– Optimasi loading speed web site Anda karena Google suka web site yang loading-nya cepat
– Pakai https jika memungkinkan
– Tulis meta tag yang deskriptif dan sesuai keyword yang Anda bidik
– Jangan banjiri website Anda dengan konten jiplakan dari web site lain
– Pasang Google Search Console dan sitemap XML di website Anda
– Bangun backlink secara alami dan fokuskan pada kualitas backlink

5. Pasang Stiker Mobil
Cara kuno, dan sama sekali tidak berbau digital.

Eitt, tunggu dulu, kuno bukan berarti sudah tidak efektif kan? Stiker mobil bisa menjadi salah satu senjata yang tidak terpikirkan sebelumnya dalam mempromosikan website Anda, padahal tidak terlalu mahal.

Best practices:
– Pastikan brand dan nama web site Anda cukup mudah diingat
– Gunakan format berikut jika hendak mencetak stiker: emblem/ nama + tagline singkat + URL web site
– Minta tolong kepada keluarga dekat, kerabat, sahabat untuk menempelnya di mobil mereka
– Berikan ke buyer Anda dengan imbalan mendapatkan particular price/ service (jika memungkinkan)

6. Signature di Email

Berkomunikasi menggunakan email sudah menjadi keseharian bagi para pebisnis, apalagi bisnis online. Tetapi, masih banyak yang belum menggunakan signature di e-mail, padahal di situ Anda bisa mencantumkan identitas bisnis Anda, termasuk URL web site Anda.

Best practices:
– Jangan cuma set signature di email desktop, tapi juga di email smartphone Anda
– Jangan terlalu panjang, jangan terlalu berbau promosi
– Hindari pakai image, lebih baik pakai textual content, karena by default aplikasi email tidak menampilkan picture.

7. Menulis Artikel

Dalam konteks pemasaran on-line, salah satu cara paling ampuh (dan murah) untuk menjadi terkenal adalah ketika Anda dipandang sebagai ahli (professional) di bidang Anda tersebut. Dan salah satu cara agar dipandang sebagi expert adalah dengan menulis artikel.

Ya, menulis insight, pemikiran, ideas, dan ide Anda di weblog, media online, atau blog Anda pribadi. Di web, ada banyak blog yang menawarkan penulis tamu, dimana Anda bisa sumbang artikel Anda untuk dipublish oleh blog tersebut, sehingga bisa dibaca oleh pelanggan blog tersebut.

Best practices:
– Usahakan di setiap artikel yang Anda tulis ada backlink yang mengarah ke web site Anda
– Pilih weblog atau web site yang relevan, berkualitas, dan masih aktif
– Jangan kasih artikel jiplakan, tapi benar-benar otentik hasil karya Anda
– Pastikan isi dari artikel tersebut memang berkualitas dan berguna bagi pembaca blog tersebut

8. Aktif di Forum Online

Walaupun popularitas forum semakin tenggelam oleh hadirnya social media, tetapi masih cukup banyak forum-discussion board tertentu yang aktif hingga sekarang yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik ke website Anda.

Best practices:
– Selektif pilih forum yang memang sesuai dengan bidang website Anda
– Aktif berkontribusi di thread-thread yang sesuai topik web site Anda
– Jika ada yang bertanya sebuah topik tertentu, tulis jawabannya di website Anda, lalu berikan hyperlink-nya
– Jangan nyepam, pelajari baik-baik aturan discussion board terlebih dahulu
– Letakkan hyperlink web site Anda di signature forum (jika diperbolehkan)

9. Aktif di Website Question Answer (QA)

Website QA seperti Reddit dan Quora adalah tempat berkumpulnya para praktisi, pemikir, dan ahli di bidang-bidang tertentu. Website QA bisa menjadi peluang dalam mendatangkan trafik ke website Anda, selama dilakukan dengan benar.

Prinsipnya sederhana: Anda temukan permasalahan apa yang ditanyakan sesuai dengan kompetensi/ bisnis Anda, lalu Anda siapkan jawaban/ solusinya di web site Anda, lalu Anda jawab dengan memberikan hyperlink web site Anda tersebut. Dari situ, website Anda bisa mendapatkan trafik.

Best practices:
– Kurang lebih sama dengan poin 8

10. Blog Comment

Hampir setiap blog menyediakan ruang untuk komentar bagi para pembaca dimana seringkali kita bisa meninggalkan link web site kita saat berkomentar. Dari sini, Anda dapat memanfaatkannya sebagai sumber trafik ke web site Anda, asalkan dilakukan dengan benar dan tepat.

Best practices:
– Pastikan hyperlink Anda tidak berbau nyepam, tetapi bersifat sebagai referensi lebih lanjut artikel blog tersebut
– Selektif dalam memilih artikel blog yang hendak dikomentari, pilih yang relevan
– Jangan cuma komentar singkat yang tidak ada maknanya, tapi berikan komentar yang menambah nilai
– Hindari berkomentar di weblog yang sudah dibanjiri komentar dari para spammer

Wah, Banyak Sekali, Haruskah Saya Melakukan Semuanya?
Credit:

Anda sama sekali tidak perlu melakukan semuanya sekaligus (malah tidak kami sarankan). Cukup satu per satu semampu sumber daya dan budget bisnis Anda, dan pilih yang menurut Anda paling relevan. Tidak semua tips dan trik di atas cocok untuk segala jenis bisnis.

Perlu dicatat, sama seperti strategi bisnis apapun, tidak ada jaminan bahwa hasilnya akan instant. Kuncinya adalah terus belajar, terus praktek, dan jangan berhenti evaluasi.

Go on-line! Go for fulfillment!

P.S.
Silahkan bagikan artikel ini kepada teman, kerabat, relasi bisnis, karyawan, pimpinan, atau siapapun yang menurut Anda bisa memberikan manfaat dan membuat bisnis mereka lebih baik. Bagi Anda yang ingin mengutip sebagian atau seluruh artikel ini, harap mencantumkan sumber asli dan hyperlink sumber ke artikel ini.