Cara Melihat Sumber Traffic Blog Di Google Analytic

Google Analytic merupakan salah satu software wajib yang harus dipunyai oleh seorang pengelola web, apapun skala webnya, apakah itu weblog personal ataupun internet ecommerce yang skala penjualannya sudah miliaran Rupiah.
Tool ini selain sebagai sumber informasi lalu lintas web site, juga bisa dijadikan sebagai alat pengambil keputusan, entah goalnya mendongkrak visitors atau meningkatkan konversi.
Nah, di edisi pertama serial ideas Google Analytic ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui sumber lalu lintas website atau blog di Google Analytic.

* Login ke akun Anda di Google Analytic, kalau belum punya akun dan belum mendaftarkan weblog Anda, baca dulu tutorial di artikel ini.
* Begitu sudah login, sekarang klik menu Akuisisi – Semua Traffic – Saluran.

* Panel Saluran merupakan kumpulan knowledge akan kanal-kanal sumber traffic di blog Anda, biasanya merupakan kategori teratas dari berbagai kanal sumber traffic, antara lain mesin pencari, direct (kunjungan langsung), referal dari situs-situs lain, media sosial, e mail dan lain-lain. Jadi, di panel ini Anda bisa melihat berapa persentase dari masing-masing kanal, sehingga Anda bisa melakukan prioritas kanal untuk dijadikan sumber visitors utama.
* Sebagai contoh, saya klik saluran Social, maka akan muncul berbagai media sosial yang memberikan site visitors ke blog Anda.

* Selanjutnya, klik Sumber/Media. Maka, Anda akan mendapatkan sumber visitors yang lebih spesifik, antara lain mesin pencari Google, direct, aplikasi atau situs, media sosial, Yahoo dan juga Bing. Jika salah satunya Anda klik, maka Anda akan mendapatkan informasi yang lebih spesifik baik artikel yang menjadi dituju lengkap dengan persentasenya.

* Berikutnya, klik menu Rujukan. Ini adalah halaman yang berisi informasi situs atau aplikasi, atau mesin pencari yang secara langsung memberikan lalu lintas. Ini adalah hyperlink di mana url weblog Anda tertanam atau terpasang yang jika ditarik garis penghubung akan langsung menghubungkan ke url blog.

* Selain di menu Semu Traffic, Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih dalam mengenai sumber site visitors misalnya media sosial dengan mengklik menu Sosial. Ini panel khusus yang disiapkan agar Anda bisa memperoleh analisis yang lebih dalam. Di panel ini, Anda bisa melacak kembali media sosial mana yang paling banyak memberikan visitors.

* Berbeda dengan panel Social pertama, panel ini memperlihatkan halaman touchdown yang memberikan informasi artikel mana yang paling banyak memberikan persentase kunjungan, baik dalam rentang harian, mingguan atau bulanan.

Informasi-informasi di atas tentu akan sangat berguna ketika Anda berencana melakukan kampanye SEO atau iklan di Facebook Ads. Sehingga langkah yang akan diambil dapat memberikan hasil yang optimum.
Semoga bermanfaat.